Genset Tidak Cepat Rusak, Ini Cara Pemeliharaannya

genset 2019

Dalam kondisi kelistrikan seperti sekarang, pemadaman sudah menjadi langganan. Penggunaan mesin genset pun menjadi alternatif. Tapi bagaimana agar mesin genset tidak cepat rusak?

Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan acuan:

* Cek oli secara rutin.
Pastikan selalu cek rutin oli mesin dan gunakan oli yang sesuai dengan buku petunjuknya.

* Pemanasan mesin.
Siapa bilang genset yang jarang dipakai itu awet? Biasakan untuk lakukan pemanasan mesin genset, paling tidak seminggu sekali agar sirkulasi oli dalam ruang mesin tetap terjaga.

* Gunakan sesuai Kapasitas.
Gunakan genset sesuai dengan kapasitas standar yang diajukan.

* Gunakan generator dengan pemberian beban bertahap.
Jangan beri beban tinggi dalam suatu masa yang sama. Misalkan dengan menghidupkan AC secara bertahap, jangan berbarengan. Silent genset dan jenis genset lain bisa rusak karenanya.

* Gunakan generator secara kontinyu.
Untuk memperpanjang umur generator, gunakan generator dalam kapasitas kontinyu bukan kapasitas maksimumnya. Misalkan generator dengan rated current 2,0 KVA dan max current 2,2 KVA, sebaiknya digunakan dalam kapasitas maksimal 2,0 KVA atau sekitar 1.600 Watt.

* Letakkan genset pada tempat yang kering.
Janganlah sembarangan meletakkan genset, simpanlah genset di tempat yang kering. Sebab jika genset diletakkan pada tempat yang terdapat air, terik matahari serta lainnya bisa cepat rusak.Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Genset Tidak Cepat Rusak, Ini Cara Pemeliharaannya, https://banjarmasin.tribunnews.com/2015/11/13/genset-tidak-cepat-rusak-ini-cara-pemeliharaannya.
Penulis: Sudarti
Editor: Mustain Khaitami

 

Berita GensetInfo Genset

gensetgenset murahsewa genset

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *