Pendapatan Pajak Genset Industri Migas Capai Rp359 juta


Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyampaikan, pendapatan dari pajak genset di industri minyak dan gas bumi (Migas) tahun 2018 mencapai Rp359 juta.

Kepala Bidang Pajak Daerah Non PBB Bapenda, Dilli Tri Wibowo, mengatakan, untuk pajak genset masuk kategori pajak penerangan jalan non Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Pajak ini dikenakan pada semua Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S) yang ada dibawah naungan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi,” katanya kepada Suarabanyuurip.com, Senin (4/2/2019).

Dari total Rp359 juta tersebut, Dilli merinci diantaranya operator Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) sebesar Rp320 juta, operator Lapangan Sukowati, Blok Tuban, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) sebesar Rp22 juta.

“Sementara diluar kontraktor SKK Migas ada PT Tri Wahana Universal sebesar Rp17 juta sudah dibayarkan,” ungkap pria berkacamata minus ini.

Menurut Dilli, untuk Lapangan Sukowati, pada pertengahan 2018 masih dibebankan oleh JOB P-PEJ. Karena, prosedur pembayaran pajak ini sangat rumit, maka baik dari EMCL maupun JOB P-PEJ belum terbayarkan sampai sekarang.

“Iya, kita masih menunggu karena prosedur pembayarannya memang rumit,” tandasnya.

Sekarang ini tagihan untuk dua operator tersebut tengah diverifikasi di tingkat SKK Migas. Setelah itu selesai, baru kemudian diverifikasi operator dan Bapenda.

Setelah tahap verifikasi pembayaran selesai, dimintakan tanda tangan pimpinan SKK Migas, operator, dan Bapenda. Setelah selesai, SKK Migas akan membuatkan tagihan lagi ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Di Kemenkeu, masih diverifikasi lagi, apakah sudah sesuai prosedur, dan besaran pajak sesuai dengan regulasi yang ada yakni Perbup No 15 tahun 2012 tentang ketentuan dasar perhitungan pajak penerangan jalan dengan dasar industri.(rien)

 

Sumber : http://www.suarabanyuurip.com

Berita GensetInfo Genset

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *